10 Cara Jitu Menghilangkan Bekas Jerawat Di Kulit Wajah

10 Cara Jitu Menghilangkan Bekas Jerawat Di Wajah - Kulit halus dan lemut memang idaman semua orang, namun saat jerawat muncul dan hilang pastinya akan membuat kondisi kulit anda semakin buruk, jerawat yang muncul dapat meninggalkan bekas berupa noda hitam dan jaringan kulit yang rusak. Bekas jerawat tersebut tidak dapat hilang 1 atau 2 hari namun bisa berbulan-bulan. Namun jika anda ingin mempercepat hilangnya bekas jerawat anda bisa melakukan perawatan kulit wajah berupa menggunakan masker.

Salah satu jenis masker yang tidak memiliki efek samping adalah masker yang terbuat dari bahan-bahan alami. Bahan alami seperti telur, lemon, dan bawang memang sering digunakan untuk membuat masker kulit, namun banyak juga bahan alami lainnya yang juga ampuh atasi bekas jerawat. Berikut adalah 10 masker alami paling jitu untuk atasi bekas jerawat membandel.
1. Bawang Putih
Pilihan pertama adalah bawang putih. Bawang putih pastinya ada di dapur rumah Anda. Bawang putih segar juga bisa membantu mengatasi masalah noda hitam pada wajah. Cara memakainya juga mudah. Kupas bawang putih, haluskan. Tempelkan bawang putih pada noda hitam atau luka bekas jerawat dengan bantuan bola kapas. Diamkan selama 30 menit hingga satu jam. Bilas dengan air bersih.

2. Putih Telur
Anda bisa menggunakan masker putih telur yang dioleskan pada area wajah yang berjerawat. Diamkan semalaman dan bilas pada esok harinya. Bila mau, Anda bisa menepukkan sari lemon lebih dulu, kemudian biarkan mengering, baru dilapisi masker putih telur semalaman. Masker ini juga bisa mengatasi bintik hitam di kulit.

3. Bawang Merah
Aromanya memang menyengat dan membuat mata menangis, namun bawang merah memiliki kandungan asam alami yang dapat mencerahkan kulit. Noda hitam juga dapat hilang dengan bantuan bawang merah.

Iris bawang berang menjadi bentuk kotak kecil. Oleskan getahnya pada bagian noda hitam. Diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari.

4. Jus Lemon
Bila jerawat Anda disertai minyak dan bintik hitam, ada baiknya mencoba tips yang satu ini.Ambil perasan lemon 3-4 sendok. Benamkan kapas di dalamnya, peras hingga sarinya keluar. Gunakan kapas basah tersebut untuk menepuk-nepukkan di kulit Anda. Atau bisa juga menggunakannya sebagai kompresan agar wajah mendapatkan suplai vitamin C.

Lemon bisa membantu mengatasi bintik hitam bekas jerawat, kulit berjerawat dan berminyak. Lakukan pada sore atau malam hari karena cairan lemon membuat wajah Anda sensitif pada matahari.

5. Cuka Apel
Cuka apel juga merupakan bahan alami yang bisa mengembalikan warna kulit Anda. Yang membuatnya spesial, cuka apel akan melenyapkan noda hitam dengan warna kulit yang sama dengan warna kulit Anda. Ambil beberapa tetes cuka apel dengan bantuan cotton bud atau kapas. Oelskan pada noda hitam. Diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air bersih.

6. Tomat
Belah tomat menjadi 2-4 bagian. Kemudian usapkan sari dan dagingnya pada kulit Anda 1-2 kali sehari. Tomat juga berfungsi sebagai astringent. Mampu melindungi kulit dari matahari dan mengandung anti oksidan. Sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari cara ampuh mengusir jerawat.

7. Alpukat
Buah alpukat yang mengandung asam amino dan kaya akan serat ini, ternyata baik buat kesehatan kulit. Selain dapat mengangkal radikal bebas, alpukat bisa digunakan sebagai masker pelembap alami. Caranya, siapkan dua buah daging alpukat yang telah dihaluskan. Kemudian, campur dengan yogurt dan madu sampai merata. Lalu, aplikasikan masker alpukat pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Kulit wajah pun akan terasa lebih lembap dan bekas jerawat yang mengering akan segera menghilang.

8. Balok Es Teh Hijau
Yang ini adalah salah satu tips favorit saya. Seduh teh hijau hingga warnanya pekat dan kental. Masukkan ke tempat balok es dan bekukan. Anda bisa menggunakan es batu teh hijau ini 2-3 kali sehari. Selain mencegah jerawat kemerahan, juga bisa sebagai astringent. Bekas Jerawat akan memudar dan kulit lebih halus.

9. Beras
Rendam beras selama 15 menit, lalu tumbuk hingga halus. Siapkan beberapa suing kencur dan tumbuk hingga halus bersama dengan adonan beras tadi. Tambahkan bunga kamboja untuk membuat masker menjadi harum. Setelah merata bubuhkan pada bekas jerawat. Tunggu selama 30 menit dan bilas dengan air dingin

9. Madu
Hapus semua make-up dan cuci wajah dengan sabun lembut dan air hangat sebelum menggunakan masker madu. Tuangkan satu sendok makan madu murni yang masih mentah ke dalam mangkuk kecil. Jika mau, Anda bisa menghangatkan madu selama 10 detik dalam microwave sebelum menggunakannya. Oleskan madu menggunakan aplikator atau ujung jari yang sebelumnya sudah dibersihkan. Oleskan madu dengan lapisan tebal ke seluruh area wajah. Biarkan madu menempel pada wajah selama 15 menit sampai satu jam.

Untuk menghilangkan madu, usapkan handuk kecil yang telah dibasahi dengan air hangat ke wajah. Ulangi proses ini sampai semua madu benar-benar bersih dari wajah. Anda dapat menggunakan masker madu ini 2-3 kali dalam seminggu atau sesuai dengan keinginan.

Dengan melakukan perawatan tersebut rutin setidaknya sekali dalam seminggu kulit dapat bebas dari bekas jerawat dan lebih lembut. Sekian untuk ulasan kali ini, ya!Baca: 9 Resep Masker Baking Soda Untuk Hilangkan Bekas Jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar