Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat Dalam 1 Minggu

Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat Dalam 1 Minggu - Bekas jerawat sukar untuk dihilangkan? maka kalian harus membaca artikel yang satu ini. Bekas jerawat sendiri tidak hanya ada satu jenis, flek hitam, jaringan parut, dan kulit yang bopeng juga merupakan salah satu bekas jerawat yang bisa muncul di kulit wajah anda. Dan pastinya bekas-bekas jerawat itu dapat menganggu penampilan anda. Untuk menghilangkan bekas jerawat anda bisa melakukan perawatan-perawatan mulai dengan bahan alami sampai dengan perawatan di salon kecantikan, namun jika anda ingin cepat menghilangkan bekas jerawat dalam 1 minggu berikut ini caranya.

A. Jenis Jenis Bekas Jerawat
Sebelum anda melakukan perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat maka terlebih dahulu kenali jenis-jenis bekas jerawat dan perbedaanya.
1. Noda hitam
Tubuh Anda berusaha menyembuhkan noda dengan cara kelebihan melanin (protein yang memberi warna pada kulit), menyebabkan hiperpigmentasi, atau merah muda atau bintik-bintik coklat.

Bekas jerawat jenis ini lebih sering ditemukan pada wajah. Pengobatan yang bisa dipilih yaitu dengan produk hydroquinone dan alpha hydroxy acids. Ini dapat mempercepat proses pemudaran.

2. Bekas luka atrofi
Bekas jerawat ini sebagai akibat dari kolagen yang rusak. Ada tiga jenis yakni ice pick berupa lubang-lubang kecil; boxcar yang terlihat seperti kawah; dan rolling, berupa lekukan kecil yang membuat pola bergelombang.

Tipe bekas luka atrofi ini lebih sering ditemukan pada wajah. Pengobatan Laser bisa Anda pilih karena membantu membangun kembali kolagen dan yang paling efektif, tetapi harganya lumayan. Sementara subcision, yang melibatkan penggunaan jarum untuk memecah jaringan parut, biaya sekitar $ 500 per pengobatan tetapi agak kurang efektif. Dan jaringan parut ringan dapat diobati dengan resep retinoid seperti Retin-A.

2. Bekas hipertrofik
Bekas jerawat jenis ini bentuknya tebal dan berbentuk benjolan. Biasanya tumbuh di dada dan punggung. Anda yang mengalaminya bisa melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter. Suntikan cortisone biasanya bisa meratakan benjolan.

B. Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat
Berikut ini adalah 6 cara cepat menghilangkan bekas jerawat di kulit wajah anda.
1. Subcision
Teknik ini sangat cocok untuk bekas jerawat jenis rolling. Lapisan kulit teratas diangkat dari jaringan bawah bekas jerawat, sehingga menimbulkan luka dan membuat darah memenuhi area tersebut. Gumpalan darah itu kemudian akan membentuk jaringan ikat dan membantu mendorong bekas luka.. Hal ini memungkinkan kulit wajah menjadi rata. Subscision biasanya diikuti dengan perawatan lain seperti dermabrasi dan perawatan laser.

2. Punch Techniques
Teknik ini paling tepat dilakukan untuk mengatasi bekas jerawat jenis ice pick dan boxcar. Untuk bekas jerawat ice pick ringan dapat menggunakan teknik punch excision yang akan mengangkat bekas jerawat dan menutup lukanya, sehingga akan tumbuh kulit baru yang lebih halus dan rata. Sementara untuk bekas jerawat ice pick yang dalam, dapat diatasi dengan teknik punch grafting yaitu mengangkat bekas jerawat, setelah itu dilakukan pengisian cekungan dengan potongan kulit yang diambil dari bagian tubuh lain, seperti belakang telinga. Teknik ketiga yaitu punch elevation. Teknik ini paling tepat dimanfaatkan untuk mengatasi bekas jerawat boxcar dengan pembedahan  dasar bekas jerawat dan menyisakan sisi-sisinya saja. Setelah itu bagian dasar disatukan dengan sisi namun lebih diangkat sehingga sejajar dengan kulit wajah secara keseluruhan. Tujuan dari prosedur-prosedur ini juga adalah untuk meratakan permukaan kulit.

3. Dermabrasion
Tujuan dilakukannya prosedur adalah untuk mengangkat lapisan paling atas dari kulit dengan menggunakan sikat kawat khusus atau laser. Meskipun setelah perawatan, wajah akan tampak memerah dan bengkak selama beberapa waktu, namun nantinya kondisi wajah akan  membaik. Tindakan ini juga sekaligus dapat menyamarkan bekas jerawat yang ada sebelumnya.

4. Scrub & Masker
Perawatan di rumah yang bisa Anda lakukan untuk memudarkan flek hitam adalah dengan rajin menscrub dan masker wajah. Lakukanlah dua perawatan ini dua kali seminggu untuk memberikan hasil terbaik. Pilihlah scrub dan masker yang dapat mencerahkan kulit.

5. Perawatan laser dan filler injection
Dermatolog dapat menggunakan teknologi laser fractional untuk merangsang pembentukan kolagen kulit sehingga permukaan kulit dengan bekas jerawat tampak lebih rata. Ada dua jenis perawatan menggunakan laser, yaitu ablatif dan non ablatif. Perawatan laser ablatif yaitu dengan ‘menembakkan’ laser pada  bekas jerawat sehingga permukaan kulit  lebih halus. Sedangkan laser non-ablatif akan membantu mengaktifkan produksi kolagen tanpa mengganggu permukaan kulit. Sementara filler injection bisa membantu mengisi cekungan bekas jerawat yang dalam. Hanya saja suntikan ini biasanya memerlukan beberapa kali pengulangan.

6. Krim wajah
Jika bekas jerawat bengkak atau berwarna merah, Anda dapat menggunakan krim kortison atau steroid. Krim ini  akan diserap oleh sel kulit dan bisa mengurangi pembengkakan. Untuk memudarkan bekas jerawat menghitam, krim dengan bahan asam kojic, arbutin dan vitamin C bisa menjadi pilihan.

C. Tips Merawat Kulit Yang Terdapat Bekas Jerawat
Selain melakukan perawatan diatas anda juga dianjurkan untuk melakukan perawatan wajah sebagai berikut agar kondisi kulit anda tidak semakin buruk akibat bekas jerawat.
1. Sinar Matahari
Hindari paparan langsung sinar ultraviolet terutama antara pukul 09.00-15.00. Gunakan payung atau topi yang lebar jika keluar rumah. Jangan lupa menggunakan tabir surya yang tepat untuk melindungi kulit, spf 15 untuk aktifitas sehari-hari dan spf 30 untuk paparan intens. Gunayan tabir surya berulang dalam waktu beberapa jam.

2. Masker Wajah
Ada berbagai macam masker wajah yang menawarkan beragam kebutuhan, mulai dari membersihkan pori tersumbat hingga menyamarkan garis halus. Masker wajah bermanfaat untuk membuka pori-pori sehingga bahan-bahan aktif dari produk perawatan wajah dapat berpenetrasi dan mudah diserap oleh kulit. Selain itu, masker juga dapat memberikan efek relaksasi.

3. Mencuci Wajah
Salah satu tips merawat wajah yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar, yaitu cuci muka setidaknya dua kali sehari. Pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Namun, karena lelah beraktivitas, sering kali kita justru melupakan ritual membersihkan wajah pada malam hari. Padahal, membersihkan wajah sebelum tidur bisa menjadikan kulit kamu terbebas dari jerawat, lho.

4. Cara Mengeringkan Wajah
Keringkan wajah perlahan dan gunakan handuk bersih Wajah sudah bersih, bukan berarti bebas mengeringkan wajah dengan handuk seadanya. Jangan gunakan handuk pengering tangan yang menggantung di wastafel. Walau kelihatannya bersih, tetap saja ada banyak bakteri menempel.

5. Membersihkan Make Up
Bersihkan makeup sebelum mencuci wajah dengan air. Berpikir bahwa mencuci wajah dengan sabun sudah cukup untuk menghilangkan makeup? Anda keliru. Membersihkan wajah yang benar adalah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover. Untuk membersihkan makeup mata yang membandel seperti maskara dan eye liner, Anda bisa memakai cairan remover khusus dengan berbahan dasar minyak. Baca: 15 Masker Alami Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar