15 Masker Alami Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat

15 Masker Alami Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Cepat - Bekas jerawat yang berupa flek hitam (noda hitam) dan jaringan parut memang sangat menjengkelkan, selain untuk dapat hilang membutuhkan waktu yang lama, bekas jerawat juga dapat merusak kulit wajah dan membuatnya tampak kasar.

Untuk menghilangkan bekas jerawat beragam perawatan alami bisa kalian coba, dan salah satu nya adalah dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Dalam bahan alami ini terkandung zat gizi berupa vitamin, mineral dan air yang mampu menutrisi kulit, mengangkat sel-sel mati, dan membantu peremajaan kulit sehingga kulit yang telah rusah oleh jerawat bisa dengan cepat mengelupas. Berikut 15 masker bahan alami yang ampuh dan cepat hilangkan bekas jerawat yang membandel:
1. Masker Jeruk Nipis
Jeruk nipis ternyata sangat ampuh untuk mencerahkan kulit dan menjaganya dari paparan sinar matahari. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis berperan menjaga kesehatan kulit terutama berperan penting dalam produksi kolagen dan sebagai antioksidan. Bahkan vitamin C juga bisa menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Caranya cukup peras jeruk nipis dan tampung di mangkuk kecil, kemudian ratakan ke bagian wajah sebagai masker. Diamkan selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

2. Masker Cuka Apel
Tuangkan 2-3 sdm cuka apel dan campurkan dengan sedikit air. Lalu, tambahkan madu ke dalam ramuan itu. Bersihkan wajah dengan ramuan alami yang dapat menghilangkan luka bekas jerawat tersebut.

3. Masker Kentang
Campur jus kentang dengan jus lemon dalam perbandingan yang sama. Kentang memiliki sifat pemutihan alami. Begitu juga dengan jus lemon. Jika dicampurkan keduanya akan bekerja mencerahkan kulit secara alami. Oleskan campuran ini pada bercak-bercak hitam di kulit wajah. Diamkan selama kurang-lebih 30 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

4. Masker Tomat
Tomat merupakan sumber antioksidan yang dapat menghilangkan luka bekas jerawat. Campurkan tomat dan mentimun yang sudah dihaluskan dengan susu bubuk. Oleskan masker tersebut pada wajah Anda. Diamkan hingga kering dan bilas.

5. Masker Baking Soda
Baking soda juga dapat membantu untuk mencegah timbulnya bintik-bintik gelap dan bekas luka setelah jerawat sembuh. Campurkan air dan baking soda dengan perbandingan 3:1. Aplikasikan di wajah dan biarkan semalaman, lalu bilas dengan air hangat. Campuran ini juga berfungsi mengeringkan kelebihan minyak di kulit wajah.

6. Masker Kulit Jeruk Nipis
Jemur kulit jeruk hingga kering. Kemudian haluskan menjadi bubuk. Campurkan bubuk tersebut dengan sedikit susu dan gunakan sebagai masker pada wajah. Masker alami ini dapat mendorong munculnya kulit yang baru.

7. Masker Putih Telur
Dua bahan ini ampuh bikin wajah mulus dan kencang. Campurkan putih telur dan madu lalu oleskan pada bagian bekas jerawat yang ingin dihilangkan.

8. Masker Yogurt
Masker yogurt dapat meringankan kerusakan kulit akibat luka bekas jerawat. Anda bisa mencampurkan yogurt dengan buah-buahan segar. Gunakan masker alami itu secara rutin setiap hari. Ini adalah cara efektif untuk menghilangkan luka bekas jerawat dan mencerahkan kulit secara alami.

9. Masker Timun
Selain menenangkan peradangan kulit, timun juga mempercepat proses penyembuhan. Iris timun lalu tempelkan pada kulit yang mempunyai bekas jerawat selama 20-30 menit.

10. Masker Air Kelapa
Air kelapa sangat ampuh bila digunakan untuk menghilangkan luka bekas jerawat. Mencuci muka dengan air kelapa dua kali sehari dapat menenangkan dan melembutkan kulit Anda.

11. Masker Bengkoang
Bengkuang bermanfaat mencerahkan wajah dan menyingkirkan noda bekas jerawat. Parut bengkoang lalu tempelkan pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama 10-15 menit lalui bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini sebelum tidur setiap hari.

12. Masker Lidah Buaya
Lidah buaya dikenal memiliki sifat penyembuhan yang dapat membantu menyembuhkan bekas jerawat di wajah. Anda lebih disarankan untuk menggunakan gel dari lidah buaya segar dibanding gel lidah buaya instan yang banyak dijual di pasaran. Sebab, lidah buaya segar tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Belah daun lidah buaya segar dan gosokkan gelnya langsung pada kulit. Biarkan kering, lalu biarkan selama 30 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat.

13. Masker Teh Hijau
Jangan buang dulu ampas teh yang telah Anda gunakan! Ampas teh ternyata masih memiliki manfaat yakni menghilangkan bekas jerawat. Caranya mudah, usapkan saja ampas tersebut pada bagian bekas jerawat.

14. Masker Minyak Kelapa
Kandungan laurat, kaprilat dan kaprat asam yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu mengurangi bekas jerawat di wajah. Minyak kelapa juga dapat mencegah munculnya bekas jerawat baru di wajah. Pijat daerah bekas jerawat di wajah dengan minyak kelapa setidaknya sekali sehari. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan ini 2-4 kali sehari dan kemudian bilas dengan sabun pembersih wajah.

15. Masker Es Batu
Gosok es batu pada daerah yang memiliki bekas jerawat. Gosok selama 15 menit dan lakukan tiga sampai empat kali sehari. Es memiliki efek menenangkan pad kulit dan membantu mengatasi peradangan serta mempercepat penyembuhan jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar