9 Resep Masker Baking Soda Untuk Hilangkan Bekas Jerawat

9 Resep Masker Baking Soda Untuk Hilangkan Bekas Jerawat - Bekas jerawat sering kali muncul saat jerawat sudah mengering, bekas jerawat bisa terlihat lebih mengerikan apabila saat muncul jerawat kita memencetnya secara asal. Bekas jerawat bisa berupa flek hitam ataupun bopeng. Namun anda bisa mengatasinya dengan perawatan sederhana dirumah dengan bahan alami, dan salah satu bahan alami yang terbukti ampuh adalah dengan memakai baking soda.
A. Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan Kulit
Selama ini, baking soda banyak dikenal untuk pembuatan kue sebagai bahan pengembang. Seperti pembuatan bolu kukus, kue kering dan sebagainya.Padahal, banyak manfaat yang dihasilkan oleh baking soda, seperti untuk kesehatan dan juga kecantikan. Berikut 3 manfaat baking soda untuk kecantikan kulit:
1. Penghilang Flek Hitam
Dampak muka berjerawat adalah munculnya flek hitam di wajah ketika jerawat sudah mengering. Bekas jerawat memang tidak bisa menghilang begitu saja. Pelu perawatan ekstra untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah.

2. Memutihkan Kulit
Baking soda juga bisa memutihkan kulit dengan mengangkat sel-sel kulit yang mati di wajah. Sel kulit mati di wajah bisa menyebabkan wajah kusam.

3. Perawatan Wajah Berjerawat
Jerawat merupakan musuh utama bagi wanita. Karena dengan hadirnya jerawat, tampilan wajah menjadi kusam. Kini, kamu bisa menggunakan baking soda untuk mengempiskan jerawat.

B. 9 Resep Masker Baking Soda
Baking soda dapat dijadikan sebagai masker wajah dan banyak manfaat, karena bersifat astringent. Bahan kue tersebut mampu membunuh bakteri dan infeksi jamur pada kulit Anda. Selain dapat membersihkan dan menghilangkan kelebihan minyak, baking soda juga dapat menghilangkan jerawat di wajah.

1. Masker Baking Soda Dan Air
Campur 1 sendok makan baking soda (bukan baking powder), 1-2 sendok makan air matang dengan tangan Anda hingga rata dan mengental.Sebelum mengoleskan masker, bersihkan terlebih dahulu wajah Anda. Setelah itu, oleskan adonan masker baking soda ke wajah yang terdapat bekas jerawat secara perlahan hingga merata. Diamkan masker hingga kering, sekurang-kurangnya 20 hingga 30 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat dan rasakan kehalusan kulit Anda dan kesegarannya. Gunakan masker secara rutin sekurangnya 2-3 hari sekali hingga jerawat Anda berkurang dan menghilang.

2. Masker Baking Soda Dan Teh Hijau
Buatlah teh hijau, dan sementara itu masih panas, tambahkan satu sendok teh baking soda ke dalamnya. Anda juga dapat menggunakan air panas bukan teh panas. Campur dengan baik. Ambil dua bola kapas dan rendam dalam campuran ini. Kemudian tempelkan pada kulit yang terdapat bekas jerawat. Tinggalkan kapas selama sekitar lima belas menit. Lepaskan kapas dan kemudian bilas wajah Anda dengan baik menggunakan air. Pada akhirnya, terapkan krim pelembab wajah favorit Anda untuk melembabkan dan Anda pasti akan sangat puas dengan hasilnya

3. Masker Baking Soda Dan Pisang
Mencampurkan pisang dan baking soda dapat membersihkan wajah Anda dari minyak dan kulit mati. Campurkan setengah sendok teh bakin soda ke dalam pisang yang sudah dihancurkan. Oleskan campuran itu ke wajah, diamkan selama 10 menit saat menggunakannya lalu bilas.

4. Masker Baking Soda. Madu, Dan Beras
Anda punya kulit belang atau flek hitam karena jerawat? Gunakan resep masker wajah ini dua kali dalam seminggu. Haluskan butiran beras (bisa menggunakan tepung beras), kemudian tambahkan sedikit baking soda, dan beberapa tetes madu. Buatlah pasta dan oleskan pada wajah. Gosok wajah dengan gerakan melingkar selama 1 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Soda adalah zat alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengelupasnya.

5. Masker Baking Soda Dan Oatmeal
Campurkan 1 sdm baking soda dengan 2 sdt oatmeal dan sedikit air. Kemudian aplikasikan di wajah sebagai scrub. Perlahan dengan gerakan melingkar dipijatkan di wajah. Maka sel-sel kulit mati akan ikut terangkat. Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk menggunakan handuk.

6. Masker Baking Soda Dan Susu
Baking soda merupakan bahan yang sangat efektif untuk membersihkan kulit. Susu sendiri mengandung lactid acid yang memiliki zat aktif untuk mencerahkan kulitmu. Campurkan kedua bahan ini dan oleskan pada bagian kulit yang terdapat bekas jerawat yang hitam. Diamkan selama beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

7. Masker Baking Soda Dan Lemon
Campurkan satu sendok teh baking soda dengan satu sendok teh jus lemon serta dua sendok teh air hangat. Rendam bola kapas dalam larutan tersebut dan aplikasikan pada bekas jerawat. Biarkan selama lima menit kemudian cuci bersih. Kulit Anda terlihat cerah dan tidak mudah berjerawat.

8. Masker Baking Soda Dan Madu
Campurkan satu sendok makan madu dengan 2 sendok makan baking soda. Aduk hingga menjadi pasta yang lengket dan tercampur merata. Jangan lupa untuk menyeka wajah Anda dengan air hangat. Tujuannya membersihkan wajah dan membuka pori sehingga komedo dan kulit mati akan lebih mudah terangkat. Seka dengan handuk hangat yang sudah diperas agar tidak terlalu basah. Oleskan masker madu dan baking soda tersebut pada area yang inginkan. Utamakan daerah T, pipi bawah kantong mata, bawah bibir yang kerap mengandung komedo. Biarkan sampai 30-40 menit.  Setelah itu, bersihkan wajah dengan handuk hangat yang agak basah untuk menghapus masker. Ulangi menyeka wajah untuk memastikan semua masker bersih. Bilas dengan air dingin biasa untuk meringkas pori. Sebaiknya dilakukan di malam hari agar Anda bisa tidur dan kulit ikut beristirahat.

9. Masker Baking Soda Dan Minyak Zaitun
Campurkan satu sendok teh baking soda serta satu sendok makan minyak zaitun berkualitas tinggi. Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan campuran minyak zaitun dan baking soda. Lalu, oleskan campuran tersebut pada wajah Anda selama 10 hingga 20 menit. Setelah selesai, bersihkan wajah Anda dan oleskan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit wajah Anda.

C. Agar Kulit Tetap Sehat Dan Bebas Dari Bekas Jerawat
Berikut hal hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah anda secara alami:
1. Bersihkan seluruh rias wajah sebelum tidur
2. Jika anda memilki jenis kulit kering, gunakan pelembab
3. Apabila anda ingin menyentuh muka anda, pastikan tangan anda bersih
4. Menghindari konsumsi makanan pedas, minuman keras, rokok, dan makanan berminyak
5. Hindari polusi debu (gunakan masker saat berkendara dengan motor)
6. Bersihkan wajah secara teratur dengan sabun atau pembersih wajah ringan
7. Jangan terlalu sering mencuci area kulit yang berjerawat
8. Jangan mencoba menghilangan komedo / jerawat dengan cara menekan dengan jari
9. Jangan gunakan kosmetik atau riasan berlebih
10. Cuci muka setelah beraktifitas diluar rumah
11. Gunakan penutup wajah seperti topi dan payung saat keluar ruangan.
Baca: Hilangkan Bekas Jerawat Dengan Masker Tomat Segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar