Hilangkan Bekas Jerawat Dengan Masker Tomat Segar

Hilangkan Bekas Jerawat Dengan Tomat Segar - Masker tomat merupakan salah satu jenis masker alami yang wajib anda coba untuk menghilangkan bekas jerawat. Selain kaya akan nutrisi, masker tomat juga pastinya sangat mudah untuk dibuat. Anda bisa mencampurkan bahan-bahan lain seperti madu, lemon, dan alpukat untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Dengan menggunakan masker masker tomat selain dapat menghilangkan flek hitam, juga dapat mengecilkan pori-pori, serta kulit kusam. Anda bisa mencoba 2-3 minggu, jika tidak ada hasil yang memuaskan maka anda bisa menggunakan cara lain untuk atasi bekas jerawat, karena hasil yang didapat satu orang kemungkinan bisa berbeda dengan satu orang lainnya.
A. Kandungan Tomat Yang Baik Untuk Kulit
Tomat dapat dikonsumsi oleh siapa saja karena tomat mengandung kaya akan vitamin C dan vitamin A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut ahli kesehatan Leane, yang baik untuk dikonsumsi adalah jenis tomat merah. Pada tomat memiliki memiliki kandungan tomatine yang bermanfaat bagi anti-inflamasi, sedangkan kandungan karotenoid dan vitamin C dalam tomat bermanfaat untuk anti-oksidan untuk melawan radikal bebas.

Pada 100 gram buah tomat mengandung nutrisi sebagai berikut:
1. Vitamin A: 1000 internasional unit (IU)
2. Vitamin B: thiamine sebanyak 0.56 miligram
3. Kalsium: 11 miligram
4. Fosfor: 27 miligram
5. Kalium: 360 miligram
6. Besi: 6 miligram
7. Vitamin C: 23 miligram
8. Vitamin K: jumlahnya tidak tentu
9. Protein: 1 gram
10. Kalori: 20

Buah tomat masak yang merah mengandung likopen (lycopene) yang efek farmakologis lebih kuat dari vitamin C, E maupun betakaroten. Likopen sendiri termasuk golongan karotenoid yang mempunyai ikatan rangkap lebih banyak daripada karotenoid lainnya. Sebagai antioksidan, likopen memiliki kemampuan dalam menangkap singlet oksigen yang merupakan radikal bebas kuat dalam tubuh.

B. Cara Membuat Masker Tomat Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari sebuah tomat anda bisa memasukkannya dalam menu makan harian anda seperti jus pada pagi hari, dan menggunakan masker tomat pada sore atau malam hari. Berikut beberapa resep masker tomat yang bisa kalian coba untuk atasi bekas jerawat kalian:
1. Masker Tomat Dan Gula
 Anda tinggal memotong buah tomat, lalu taburi permukaan buah tomat yang sudah dipotong dengan gula pasir. Kemudian gosokkan dengan lembut di area hidung dan zona T (kening, hidung, dan dagu). Diamkan dulu selama 10 menit atau sampai kering, setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Jangan lupa keringkan dengan handuk bersih, kemudian olesi dengan pelembab.

2. Masker Tomat Dan Lemon
Siapkan 1 buah tomat dan 1 sdm air perasan jeruk lemon. Tumbuk kedua bahan hingga tercampur rata membentuk pasta. Oleskan di area wajah, diamkan hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Masker Tomat Dan Alpukat
Selain itu, masker tomat dan alpukat ini juga mengandung vitamin A, C dan E yang menenangkan kulit dan mencerahkan kulit. Siapkan tomat dan alpukat. Pilihlah kedua buah tersebut yang berukuran kecil saja. Kupas kulit alpukat dan buang bijinya. Hancurkan kedua buah tersebut dan campurkan. Anda bisa menggunakan blender atau hanya menumbuk keduanya. Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Oleskan campuran tomat dan alpukat yang sudah hancur tadi ke wajah. Diamkan selama 20 hingga 30 menit. Setelah selesai, bilas dengan air hangat yang diikuti dengan air dingin.

4. Masker Tomat Dan Tepung Maizena
Anda dapat menghaluskan buah tomat matang kemudian mencampurnya dengan tepung maizena hingga berubah seperti pasta. Pasta ini adalah masker tomat untuk dioleskan pada seluruh wajah dan didiamkan selama 15 menit. Setelah mengering bilas dengan air hangat dan ringkas kembali pori-pori dengan air es batu. Ladies dapat mengkombinasikannya dengan bahan lain seperti putih telur dan minya zaitun sesuai kebutuhan agar wajah semakin elastis dan kencang.

5. Masker Tomat Dan Susu
Pertama-tama, bahan yang perlu Anda siapkan adalah buah tomat segar yang matang dan susu cair tawar. Selanjutnya, buatlah air sari tomat dengan manghaluskan dan memeras airnya untuk dipisahkan dari ampas.

Jika air sari tomat sudah siap, campurkan dengan susu cair tawar dan dinginkan dalam frezer. Gunakan kuas masker yang biasa Anda gunakan untuk mengoleskan masker tomat susu pada wajah hingga leher. Lakukan secara rutin dengan mendiamkan sekitar 1 jam terlebih dahulu baru kemudian bilas hingga bersih.

6. Masker Tomat Dan Yogurt
Campurkan setengah buah tomat dengan dua sendok makan yoghurt. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit, baru kemudian bilas dengan air hangat. Yoghurt akan membuat kulit menjadi lebih lembut sedangkan tomat akan membersihkan kulit dari kotoran yang menempel di wajah.

7. Masker Tomat Dan Madu
Untuk membuat masker ini, kupas kulit tomat, lalu potong-potong dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu sendok makan penuh madu dan aduk hingga tercampur sempurna. Terapkan campuran tadi pada wajah yang telah dibersihkan; diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat. Keringkan wajah, lalu usapkan toner bebas alkohol dan krim pelembab yang menutrisi.

Gunakan masker tomat sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

C. Efek Negatif Masker Tomat Untuk Kulit
Pada kebanyakan orang saat pertama kali mencoba masker tomat hal pertama yang dirasakan adalah rasa perih, Namun jika timbul keluhan gatal saat Anda menggunakan masker tomat, maka sebaiknya hentikan penggunaan masker tersebut karena dikhawatirkan terjadi iritasi / alergi akibat tomat pada kulit Anda. Beberapa tanda yang menandakan bahwa Anda memiliki ketidak cocokan dengan masker yang Anda gunakan antara lain adalah :
1. Timbul ujung bibir / mata menjadi bengkak.
2. Kulit menjadi bersisik dan mengelupas
3. Timbul rasa gatal
4. Kulit menjadi merah sehabis menggunakan masker
Namun beberapa ahli kecantikan ada yang menyarankan, jika terasa gatal saat menggunakan masker tomat maka terlebih dahulu kukus tomat selama 3-5 menit. Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Dengan Bawang Putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar