Cara Alami: Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Lemon

Cara Alami: Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Lemon - Lemon atau yang lebih banyak dikenal jeruk nipis merupakan salah satu jenis jeruk yang banyak digunakan untuk membuat minuman, memiliki rasa yang tergolong masam namun zat asam itulah yang baik untuk mempercantik kulit wajah. Untuk mendapatkan manfaat dari buah lemon anda dua cara yang bisa kalian lakukan, yang pertama adalah dengan memasukkan buah lemon kedalam menu diet harian anda, sedangkan yang kedua adalah dengan menggunakannya sebagi masker wajah.
Manfaat Lemon Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat
Salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bekas jerawat oleh banyak orang adalah jeruk lemon, selain itu produk-produk seperti lotion, masker, dan lulur juga banyak mengandung ekstrak jeruk lemon. Kandungan vitamin C dalam jeruk lemon dipercaya bisa menyamarkan bekas jerawat dengan baik. Selain itu, kandungan nutrisi dan vitamin lainnya juga dipercaya mampu membuat kulit wajah menjadi lebih halus, lebih bersih dan cerah alami.

Air Perasan jeruk lemon mengandung asam sitrat yang bertindak sebagai senyawa astringen, yang mampu membunuh bakteri penyebab infeksi, membersihkan kotoran dari pori-pori wajah, mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi produksi minyak di kulit. Untuk itu tak heran jika banyak jurnal kecantikan yang menyatakan bahwa lemon dapat mengatasi masalah jerawat diwajah.

Cara Membuat Masker Lemon
Untuk mendapatkan manfaat yang cepat dari buah lemon untuk kecantikan kulit adalah dengan menggunakannya sebagai masker, dengan begitu zat nutrisi yang terkandung dalam buah lemon dapat langsung memberikan efek terhadap kulit anda.
1. Masker lemon
Cara paling sederhana menggunakan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat adalah menggunakan air perasannya. Peras lemon, kemudian tambahkan air dan aduk merata. Setelah itu gunakan kapas untuk mengoleskan cairan tersebut pada bekas jerawat di wajah. Lakukan setiap hari secara teratur.

2. Masker lemon dan air mawar
Air mawar dapat membantu menghilangkan bekas luka dan jerawat dari wajah Anda. Anda bisa memijat wajah Anda dengan jus lemon dingin. Setelah kering dalam 10 menit, bilas wajah Anda dengan air mawar agar manfaatnya lebih terasa.

3. Masker lemon dan madu
Kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah jeruk lemon dan 2 sdm madu. Peras air jeruk lemon lalu campur bersama madu. Aduk rata air jeruk lemon dan madu. Aplikasikan ke kulit wajah yang mengalami masalah bekas jerawat lalu pijat lembut dengan ujung jari. Diamkan kira-kira selama 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

3. Masker lemon, putih telur, dan oatmeal
Pertama kocok putih telur terlebih dahulu, lalu campur dengan perasan ½ lemon dan ½ cangkir plain oatmeal yang telah dimasak. Kemudian, campur seluruh bahan tersebut hingga tercampur merata dan menjadi krim masker yang pas. oleskan masker tersebut di wajah Anda dan diamkan selama 10 menit. Lalu, bersihkan sisa masker yang di wajah dan bilas dengan menggunakan air dingin.

4. Masker lemon dan tomat
Dalam tomat terkandung zat tomatin yang bersifat sebagai anti-inflamasi. Seperti dikutip dari Care Fair, kandungan tersebut dapat mengeringkan jerawat dan menyembuhkan luka bekas jerawat. Kandungan vitamin C-nya juga dapat mencerahkan kulit, sehingga noda bekas jerawat dapat segera hilang. Cara membuat masker: Campurkan satu sendok makan jus tomat dengan dua hingga empat tetes jus lemon segar. Oleskan masker pada wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

5. Masker lemon dan kunyit
Kandungan vitamin C yang ada pada kunyit dapat merangsang peremajaan kulit dan membantu mencerahkan kulit. Campur satu sendok teh kunyit bubuk dan dengan perasan lemon dan oleskan pada wajah sebagai masker untuk membantu memerangi pigmentasi kulit Anda.

6. Masker lemon dan pisang
Jika kulit Anda mudah berminyak dan terdapat bekas jerawat, tambahkan setengah perasan lemon ke dalam satu buah pisang yang telah dihaluskan. Citric acid yang ada pada lemon membuat minyak di wajah pergi dan dapat mengeksfoliasi kulit mati di wajah. Oleskan pada wajah, kemudian diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu bilas hingga bersih.

7. Masker lemon, tomat, telur, dan baking soda
Kocok putih telur ayam kampung dan hancurkan 1 buah tomat, lalu campur dengan 1 buah perasan lemon dan 3-4 sendok makan baking soda. Setelah itu, balurkan ramuan pada seluruh wajah dan leher dan diamkan selama 20 menit. Rasakan hasilnya, wajah akan terasa lebih segar, kencang dan terbebas dari jerawat, serta bekasnya.

8. Masker lemon, teh kayu manis, dan bubuk kunyit
Campurkan satu sendok teh kayu manis dengan jus lemon dan bubuk kunyit. Tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Sebagai pilihan, kamu bisa mencampurkan bubuk kayu manis dengan madu. oleskan pada wajah dan biarkan semalaman. Saat kamu bangun pagi, bilas dengan air bersih. Lakukan setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

9. Masker lemon dan baking soda
Cara untuk membuat masker ini sangatlah mudah. Ambil 1 buah lemon lalu belah menjadi dua bagian. Ambil air lemon lalu masukkan ke dalam sebuah wadah yang bersih. Selanjutnya, ambil 2-4 butir aspirin lalu haluskan dan campur dengan air lemon di dalam wadah. Aduk kedua bahan hingga tercampur rata dan aspirin larut di dalamnya membentuk pasta. Masker siap untuk digunakan. Ambil masker lalu aplikasikan ke wajah atau kulit yang timbul jerawat. Oleskan secara merata dan diamkan kira-kira 15 - 20 menit hingga masker kering. Jika sudah, basuh wajah dengan air

Efek Negatif Lemon Untuk Kulit
Salah satu efek negatif yang akan anda dapatkan pada saat anda menggunakan masker lemon untuk menghilangkan bekas jerawat adalah rasa perih dan nyeri. Jika anda tidak tahan dengan rasa perih atau nyeri tersebut, anda mungkin perlu mengencerkan masker lemon tersebut.

Selain rasa perih dan nyeri tersebut, terdapat satu resiko lagi yang bisa saja anda dapatkan dari olesan buah lemon pada wajah anda. Resiko yang dimaksud di sini adalah kandungan asam sitrat yang ada pada buah lemon ini bisa saja menyebabkan warna kulit anda menjadi iritasi dan berwarna kemerahan jika anda menggunakanya terlalu sering. Baca: Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat Dalam 1 Minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar