Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Dengan Bawang Putih

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Dengan Bawang Putih -  Mungkin anda sering melihat dalam film hantu bawang putih sering digunakan untuk penangkal hantu, namun kini bawang putih sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti flek hitam dan jerawat. Kandungan zat aktif dalam bawang putih sudah tidak lagi diragukan, dalam bawang putih banyak mengandung antioksidan alami dan thiacremonon sulfur yang pastinya sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pada kulit wajah anda.
A. Kandungan Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Kulit
Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antioksidan yang tinggi. Jadi selain bisa membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat, bawang putih juga bisa menghambat penuaan dini karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Antioksidan adalah senyawa yang dapat menjadikan kulit lebih indah terawat dan sehat dengan cara memperlambat penuaan kulit karena antioksidan dapat melawan radikal bebas baik yang dari luar ataupun dalam tubuh penyebab rusaknya sel tubuh.

Bawang putih mengandung senyawa thiacremonon sulfur yang dapat mengeringkan jerawat serta mampu membersihkan kulit dari bekas jerawat terutama flek hitam, saat anda menggunakan bawang putih mungkin yang anda rasakan pertama adalah rasa panas dan seperti terbakar, namun hal ini baik karena kulit yang terdapat flek hitam akan segera dapat terkelupas dan digantikan dengan kulit baru yang lebih sehat.

B. Cara Menggunakan Bawang Putih Untuk Atasi Flek Hitam
Sebelum anda menggunakan bawang putih sebaiknya anda menggunakan sedikit terlebih dahulu pada bagian kulit anda untuk mengetahui apakah kulit anda sensitif terhadap bawang putih. Jika getah bawang putih dapat membuat kulit terasa terlalu panas, anda dapat mengatasinya dengan memberi campuran air atau minyak alami. Dan pastikan anda untuk selalu menggunakan pelembab saat hendak keluar ruangan.
1. Bawang Putih
Potong satu siung bawang putih dan gosokkan ke bintik-bintik hitam di wajah. Atau, Anda juga bisa menghaluskan bawang putih dan mengoleskannya ke kulit. Biarkan “jus” bawang putih tersebut selama 30 menit sampai satu jam, baru kemudian dibilas hingga bersih.

2. Bawang Putih Dan Air
Pertama-tama cucilah wajah Anda dengan menggunakan pembersih ringan, lakukan hal ini setidaknya dua kali sehari. Pastikan bahwa Anda selalu menggunakan air hangat saat mencuci wajah Anda dan kemudian mengeringkannya dengan tepukan halus. Ambillah satu suing bawang putih lalu parut hingga menjadi halus, kemudian campurkan dengan 2 sendok makan air. Oleskan campuran tersebut pada wajah sambil memberikan pijatan lembut ke kulit, setelah itu bersihkan bilas dengan air hangat.

3. Bawang Putih Dan Tomat
Campur 2 sendok makan tomat halus dan 3 sampai 4 siung bawang putih dihancurkan dalam mangkuk. Oleskan tipis-tipis pada wajah yang bersih dan diamkan selama 20 menit. Setelah kering, bilas wajah dengan air dingin.

4. Bawang Putih Dan Cuka Sari Apel
Haluskan bawang putih campur dengan cuka sari apel, lalu oleskan pada bekas jerawat. Diamkan selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat, kemudian keringkan dengan handuk bersih.

5. Bawang Putih, Oatmeal, Tea Tree Oil, Dan Lemon
Campur semua bahan (2 sampai 3 siung bawang putih yang dihancurkan, 1 sendok teh oatmeal, 2 atau 3 tetes tea tree oil, ½ sendok teh perasan lemon) dalam mangkuk dan aduk sampai berbaur dengan baik. Oleskan tipis-tipis pada wajah yang basah. Biarkan selama 15 menit. Masker ini akan membantu mengelupaskan kulit yang kasar dan berkomedo dengan lembut, serta membantu memudarkan flek hitam. Bilas dengan air dingin, dan keringkan.

6. Bawang Putih Dan Minyak Zaitun
Caranya adalah, siapkan 4 sampai 5 siung bawang putih lalu haluskan. Siapkan pula 2 sdm minyak zaitun lalu campur dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Campur hingga kedua bahan benar-benar tercampur rata. Diamkan beberapa saat terlebih dulu kira-kira sekitar selama 15 menit. Jika sudah, aplikasikan ke kulit wajah yang mengalami bekas jerawat.

Oleskan masker bawang putih ini ke seluruh wajah secara merata dan pijat lembut. Diamkan masker kira-kira selama 10 menit. Jika sudah, segera bilas masker dengan air bersih. Sebagai sentuhan terakhir, oleskan pelembab alami wajah yakni minyak zaitun.

7. Bawang Putih dan Yogurt
Giling 4-5 siung bawang putih hingga halus dan campur dengan 1 sendok makan yogurt. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan biarkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan.

C. Cara Merawat Kulit Yang Terdapat Flek Hitam Bekas Jerawat
1. Bersihkan wajah secara teratur 2 kali sehari dengan sabun wajah yang lembut dan air dingin.
2. Gunakan sabun wajah yang diformulasikan untuk menghilangkan flek hitam.
3. Bersihkan wajah dengan gerakan yang lembut dan perlahan, hindari menggosok wajah terlalu keras.
4. Setelah selesai membersihkan wajah, keringkan wajah dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk perlahan. Hindari menggosokkan handuk pada wajah karena dapat menyebabkan iritasi kulit.
5. Hindari paparan sinar matahari karena dapat memicu iritasi kulit. Jika harus beraktivitas di luar ruangan gunakan tabir surya dengan SPF 30.
6. Pilihlah produk yang tidak terlalu banyak kandungan bahan di dalamnya. Semakin sedikit kandungan bahannya maka semakin baik untuk menjaga agar flek dikulit tidak menjadi parah.
7. Usahakan untuk menghindari penggunaan produk kulit yang mengandung pewangi/parfum.
8. Bila kulit wajah Anda kering gunakan pelembab wajah yang mengandung formula hypoallergenic.
9. Minum banyak air putih untuk menjaga kelembaban kulit. Kulit yang kering akan lebih mudah mengalami iritasi. Baca: Cara Mengatasi Bopeng Bekas Jerawat Dengan Exfoliation Alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar