Cara Mengatasi Bopeng Bekas Jerawat Dengan Exfoliation Alami

Cara Mengatasi Bopeng Bekas Jerawat Dengan Exfoliation Alami - Salah satu cara cepat menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah dengan melakukan exfoliation, cara ini biasanya menggunakan scrub, kimia (chemical peeling), dan mikrodermabrasi. Namun dari ketiga jenis cara tersebut scrub lah yang paling banyak digunakan oleh kalangan umum. Selain harga produk scrub murah anda juga dapat membuat scrub alami yang terbuat dari bahan bahan di sekitar Anda.
Apa itu Exfoliant
Exfoliation atau menggosok kulit wajah dengan scrub (peeling) seringkali membantu menghilangkan bekas jerawat, mengangkat kulit mati dan mengurangi dalamnya lubang bekas jerawat. Exfoliating merupakan proses pengelupasan kulit. Pada umumnya sel kulit mati akan mengelupas dengan sendirinya dan berganti dengan sel kulit yang baru. Namun proses pengelupasan sel kulit mati dapat terjadi dengan tidak bersamaan karena berbagai faktor seperti usia. Hal ini menyebabkan kulit tampak belang dan kusam. Produk perawatan wajah yang mengandung bahan exfolian bertujuan untuk membuat proses pengelupasan kulit secara bersamaan sehingga kulit tampak bersih dan bercahaya.

Salah satu cara pengelupas kulit adalah dengan menggunakan scrub. Anda dapat membuat scrub yang terbuat dari bahan alami seperti teh hijau, madu, dan gula halus. Selain itu produk pengelupas lain bisa dalam bentuk krim, gel, hingga pembersih kulit yang dilengkapi dengan butiran kecil untuk mengelupas kulit juga dapat dibeli secara bebas. Ikuti aturan pakai yang tertera pada produk yang Anda pakai. Jangan lupa mengakhiri perawatan dengan menggunakan pelembap.

Manfaat Exfoliant Untuk Kulit
Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat melakukan exfoliating.
1. Merawat warna kulit
Apabila Anda memiliki warna kulit yang tidak merata, maka Anda perlu melakukan exfoliating. Exfoliating akan membantu menghilangkan lapisan sel kulit mati serta kotoran dan sisa make up untuk mengeluarkan kembali kulit cerah yang sebelumnya bersembunyi.

2. Membantu produk perawatan kulit bekerja lebih baik
Exfoliation menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit sehingga memungkinkan pembersih wajah Anda, pelembab, dan produk lainnya dapat menembus kedalam kulit dan bekerja lebih baik. Jika Anda selalu memilih untuk tidak melakukan exfoliation, produk perawatan wajah Anda mungkin tidak akan berkerja secara maksimal karena tidak bisa melewati lapisan luar kulit.

3. Melawan tanda-tanda penuaan
Semakin bertambahnya usia, kemampuan alami kulit melambat dalam membangun dirinya sendiri. Banyaknya sel-sel kulit mati menyebabkan kulit Anda kering, keriput bahkan garis-garis halus lebih menonjol. Tetapi dengan exfoliating, Anda bisa mengatasi itu semua dan 'melawan' tanda-tanda penuaan.

4. Membantu mengatasi masalah jerawat
Menggunakan scrub untuk mengelupas dan membersihkan pori-pori kulit wajah Anda, dapat mencegah timbulnya jerawat. Tersumbatnya minyak dalam pori-pori di bawah permukaan kulit Anda, dapat menimbulkan jerawat. Anda juga harus berhati-hati, pengelupasan kulit dapat memiliki efek sebaliknya. Di sisi lain, iritasi dan peradangan dapat terjadi melalui pengelupasan kulit, hal tersebut dapat memperburuk jerawat, sehingga mungkin menjadi sebuah bumerang bagi Anda.

5. Memperbaiki tekstur kulit
Saat Anda merasa kulit Anda kering atau kasar, exfoliating adalah salah satu cara termudah untuk mengatasi itu semua. Exfoliating secara teratur bisa membuat kulit Anda lebih halus. Apalagi saat ini sudah banyak salon kecantikan yang menyediakan jasa exfoliating. Jadi, Anda tidak perlu kesulitan lagi.

6. Membuat kulit Anda halus
Exfoliation membuat wajah Anda halus dan lembut untuk disentuh. Hal tersebut meningkatkan tekstur kulit Anda dan membuatnya merasa lebih lembut karena menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

Cara Membuat Exfoliant Alami
Berikut beberapa resep cara membuat exfoliator alami yang pastinya aman untuk kulit wajah anda.
1. Exfoliator dari baking soda
Baking soda juga bekerja dengan baik sebagai agen pengelupasan kulit (exfoliation agent). Campur satu sendok teh baking soda dengan pembersih wajah yang biasa Anda gunakan. Oleskan campuran tersebut pada wajah kemudian pijat kulit wajah selama 5 menit. Setelah itu, bilas  wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut.

Baking soda merupakan exfoliant alami yang berguna mengelupas daerah bekas jerawat, menghilangkan lapisan kulit mati, dan membuka lapisan kulit baru. Proses ini akan mencerahkan kulit wajah dan membuatnya terasa lebih lembut.

2. Exfoliator dari garam dan minyak zaitun
Campurkan 1 cangkir garam dengan 1 cangkir minyak zaitun dan tiga sampai lima tetes minyak esensial untuk aroma. Salah satu minyak esensial yang bisa dipilih adalah minyak lavender yang memberi efek menenangkan. Aduk campuran hingga merata. Anda bisa menambahkan lebih banyak garam atau minyak zaitun untuk mencapai konsistensi yang Anda inginkan.

Oleskan scrub pada tubuh dengan gerakan melingkar. Sertai pula dengan melakukan pijatan pada tubuh. Bilas tubuh secara menyeluruh dengan air dingin untuk membersihkan sisa scrub.

3. Exfoliator dari gula, madu, dan minyak zaitun
Gula pasir sangat efektif sebagai bahan utama untuk membantu mengelupas kulit mati. Caranya mudah, siapkan 1 sdm gula pasir, 2 sdm madu atau minyak zaitun, kemudian pulaskan pada wajah sambil massage perlahan di area T, dagu, dahi dan sekitar pipi. Basuh dengan air hangat dan sudahi dengan air dingin atau kompres dengan es batu. Kulit akan terasa lebih halus. lama penggunaan 5 - 10 menit.

4. Exfoliator dari garam dan minyak almond
Siapkan seperempat cangkir garam dan setengah atau tiga per empat cangkir minyak almond atau wijen. Campurkan keduanya dan tambahkan 20 tetes minyak esensial favorit Anda untuk memberikan aroma. Gunakan seperti ketika Anda menggunakan scrub pada umumnya.

5. Exfoliator dari gula merah dan jeruk nipis
Gula merah dan jeruk nipis. Peras beberapa jeruk nipis dan campurkan dengan gula merah. Secara perlahan gosokkan di wajah.
Dengan menggunakan exfoliator yang terbuat dari bahan alami mungkin bopeng diwajah anda tidak dapat hilang secara instan namun membutuhkan waktu 1-3 bulan, namun dengan exfoliator alami anda juga dapat mencegah munculnya jerawat baru dan yang terpening tidak menimbulkan efek negatif. Baca: Cara Alami: Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Lemon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar